Emang udah nggak dipungkiri lagi bahwa belakangan ini perkembangan zaman terus meningkat dan teknologi sudah semakin maju, sehingga yang tadinya belajar cuma bisa lewat buku cetak atau dengerin kuliah-kuliah dosen yang terkadang suka bikin ngantuk, sekarang belajar udah bisa dimana aja dan kapan aja. Cukup duduk santai di depan laptop ditemani segelas cokelat hangat, berikut penulis bakalan kasih tau kamu 5 channel Youtube yang asik buat belajar bahasa Jepang!

 

  1. Learn Japanese with JapanesePod101

Learn Japanese with JapanesePod101 adalah channel yang dikhususkan buat kamu yang mau belajar bahasa Jepang secara santai tapi seret akan materi, karena ada ratusan, bahkan ribuan video yang isinya berfokus tentang belajar bahasa Jepang secara komprehensif.

Di channel ini kalian bakalan nemuin lebih dari 30 playlist yang isinya ngebahas tentang macem-macem, mulai dari yang dasar banget misalnya belajar huruf hiragana dan katakana, lalu huruf Kanji lengkap dengan penjelasan berdasarkan stroke per stroke-nya, kemudian frasa-frasa umum yang sering dipake sehari-hari seperti arigatou gozaimasu dan oyasumi nasai. Ada juga Hiragana challenges. Lalu yang nggak kalah kerennya, ada weekly words atau kosakata mingguan. Weekly words ini mencakup berbagai macam tema! mulai dari New Year, Holiday, sports, family, drinks, foods, health concerns, mammals, solar systems, slangs sehari-hari, Japanese actors & cities, tounge twister, peristiwa-peristiwa bencana alam, instrumen-instrumen musik, percintaan, sampe hal-hal yang absurd seperti things your body does, in your wallet atau barang-barang yang ada di dalem dompet kamu dan masih banyak lagi! Bagi kalian yang ngerasa kosakata bahasa Jepangnya masih sangat kurang, channel ini akan terasa sangat bermanfaat buat meningkatkan kosakata bahasa Jepang-mu!

ada juga listening section yang dibagi lagi berdasarkan level bahasa Jepang yang lagi kamu pelajari, mulai dari absolut beginner, beginner, intermediate, hingga level advanced dan setiap levelnya akan ada sekitar 19 hingga 20 buah video pembelajaran. Belajarnya pun nggak bakalan jenuh karena di channel ini kamu bakal diajarin dan dipandu sama native speaker yang… ehem, cakep, bernama Risa-san, dan ngomongnya pake bahasa Inggris, dilengkapi juga dengan subtitle berbahasa Inggris di setiap videonya jadi nggak perlu khawatir kamu bakal ga ngerti dia ngomong apaan. Intinya guys, channel ini cocok banget buat kamu yang pengen belajar bahasa Jepang tapi gak  tergesa-gesa.

 

 

 

  1. Kemushi chan / loretta ロレッタ

Kemushi chan / loretta ロレッタ adalah sebuah channel yang dikelola oleh cewek bernama Loretta. Konten-konten video dari channel Loretta ini kebanyakan tentang kesehariannya dia yang berhubungan sama Jepang, misalnya vlog keseharian dia pas lagi jalan-jalan ke Asakusa. Beda dengan Learn Japanese with JapanesePod101, karena yang mengelolanya individual, makanya channel Kemushi Chan ini konten videonya lebih ke hal-hal yang personal. Mbak Loretta ini emang bukan native speaker Jepang, teman-teman, tapi speaking nya lancar banget. Setiap video dilengkapi oleh subtitle berupa bahasa Jepang serta terjemahan bahasa Inggris di bawahnya. Sangat bagus buat kamu latian speaking dan nyampein pendapat dalam bahasa Jepang. Beberapa video-videonya berdasarkan pengalaman pribadi seperti: parents react to weaboo daughter, gaijin complex,  hating foreigners in Japan, me dad and japanese culture, JLPT N1, move to japan difficulties of Japanese: study books self study being discouraged dan lain sebagainya. Selain itu juga ada tips-tips yang bakalan ngebantu banget buat kamu nerapin bahasa Jepang yang kamu punya, seperti videonya yang berjudul speak more fluent & beautiful japanese, write eloquent Japanese, dan masih banyak lagi. Di channel ini, penulis tekenin, kalian bakalan dapet banyak hal yang gak kalian dapetin di channel-channel belajar bahasa Jepang yang berfokus ke materi! Jadi, penting banget buat kalian ngecek channel yang satu ini ya!

 

  1. JapanSocietyNYC

Gak jauh beda sama Learn Japanese with JapanesePod101, channel JapanSocietyNYC ini juga channel tentang Jepang namun gak fokus ke pembelajaran bahasa Jepangnya aja, tapi ada juga video-video lain tentang budaya dan festival-festival Jepang. Videonya JapanSocietyNYC interaktif banget, viewers diajak buat praktekin cara ngegunain bahasa/grammar yang udah dipelajarin. Selain itu juga, pembawaan para tutor atau senseinya juga menyenangkan. Setiap video berdurasi sekitar 3-5 menit sehingga kalian gak bakal cepet bosen. Isi videonya juga sangat mudah buat dipahami bahkan jika kalian sangat awam dalam bahasa Jepang sekalipun!

 

  1. PDRさん

Channel PDR-san ini bisa dibilang channel buat kamu yang ngerasa expert atau seenggaknya udah punya basic di bahasa Jepang, tapi males kalo harus ngelatih listening dan speaking dengan cara dengerin maiku mira san ngoceh sama teman-temannya, ataupun template percakapan-percakapan yang terlalu kaku di buku-buku pelajaran, maka channel ini adalah channel yang sangat tepat untuk kamu pantengin! Channel ini dikelola oleh seorang bule blasteran Jepang yang isinya tentang hal sehari-hari dan dikemas dengan konsep komedi anak muda ala YouTube sehingga belajar pun gak bakalan ngebosenin. Salah satu playlist videonya yang paling fenomenal adalah ”コンビニシリーズ Convenience Store Series” dimana di seri tersebut, dia menceritakan pengalamannya sebagai kasir di 7-Eleven Jepang melayani para pembeli yang unik dan nyeleneh yang pastinya bisa bikin kamu ketawa! Oh iya, kalo kamu pemula dan kepengen nonton videonya PDR-san ini, jangan lupa buat nge-klik tombol subtitle yang ada di bagian kanan bawah video ya supaya meskipun dia ngomongnya terkesan cepet kalian bisa tetep paham apa yang diomongin ..well, kecuali kalo kamu emang sengaja pengen ngetes mental dan kekuatan pikiran dengan membaca gerak bibir dan bahasa tarzan pas PDR-san lagi meragain sesuatu. Waduh!

 

  1. Hello Japanese!

Terakhir, Hallo Japanese! adalah channel yang khusus dibuat untuk tujuan belajar bahasa Jepang. Channel ini terbagi menjadi beberapa segmen yaitu Japan News, Basic Japan Conversations, Learn Japanese Vocabulary 100 dan masih banyak lagi. Channel ini masih terus aktif upload video dan sudah punya subscribers hingga 8 ribu lebih.

Mirip-mirip kayak Learn Japanese with JapanesePod101  dan JapanSocietyNYC, channel ini merupakan channel yang kontennya berisi tentang pembelajaran bahasa Jepang, namun, kenapa penulis tarok di paling belakang? Karena memang bisa dibilang channel ini channel yang kurang entertaining dibandingin dengan channel-channel yang udah penulis sebutin sebelumnya. Tapi kalo memang tujuan kamu buat belajar bahasa dan mengerti bahasanya, gak ada salahnya kamu buat cek channel yang satu ini!

Itulah tadi 5 Channel Youtube Yang Perlu Kamu Pantengin Kalo Belajar Bahasa Jepang. Semoga abis ini kamu bisa dengan mudah belajar bahasa Jepang dimana aja dan kapan aja sehingga belajar bisa jadi menyenangkan.