Belajar Bahasa Belanda via Youtube

Belajar bahasa asing dengan menggunakan buku dan kamus dianggap sebagai kegiatan yang sangat membosankan dan tidak menarik. Maka dari itu kita harus mennyiasatinya dengan cara yang lebih menyenangkan seperti dengan menonton film atau mendengarkan lagu. Selain 2 hal tersebut, kita juga bisa menggunakan media sosial untuk belajar bahasa asing seperti Youtube. Saat ini banyak bermunculan berbagai channel Youtube yang sangat bermanfaat untuk belajar bahasa asing terutama bahasa Belanda. Channel-channel ini kita gunakan untuk melatih kemampuan mendengar karena aspek kemampuan mendengar ini merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran bahasa asing. Berikut adalah channel Youtube yang sangat berguna bagi pembelajar bahasa Belanda :

  1. 3 Op Reis

Channel ini berisi tentang perjalanan para traveler Belanda ke berbagai tempat di penjuru dunia, baik yang agak aneh maupun yang sangat recommended bagi kamu yang kebetulan suka travelling. Video tersebut berisi tentang berbagai informasi mengenai suatu daerah baik dari segi budaya maupun spot-spot yang menarik untuk dikunjungi. Bahasa yang digunakan memang sedikit cepat tetapi adegan dari video tersebut membuat kita mengerti apa yang mereka katakan tanpa mengetahui makna dari kata yang mereka ucapkan. Kadang-kadang juga disediakan subtitle (ondertiteling) dalam bahasa Belanda yang sangat bermanfaat pula untuk menambah kosakata-kosakata baru.

  1. Erica op Reis

Channel ini berisi mengenai perjalanan dari seorang nenek bernama Erica Terpstra yang berjalan-jalan keliling dunia. Dari perjalanan itu ia memdokumentasikannya dalam sebuah video. Sebenarnya channel ini hampir sama dengan 3 op reis tetapi bahasa yang digunakan dalam video ini tidak cepat dan cocok untuk latihan mendengar bahasa Belanda. Selain itu video dari channel ini durasinya lebih pendek dan juga disediakan subtitle ketika ia berbicara bahasa inggris. Ini juga sangat bermanfaat untuk menambah kosakata.

  1. EOI Madrid Neerlandes

Channel ini berisi tentang informasi-informasi mengenai Belanda seperti cara-cara untuk mengurus surat-surat di Belanda dan juga sedikit menyinggung mengenai sejarah Belanda. Bahasa yang diberikan tidak terlalu cepat dan selain itu channel ini juga menyediakan subtitle bahasa Belanda yang sangat bermanfaat apabila ada kata-kata yang “miss” ketika kita mendengarkan video tersebut. Kita juga dapat melihat kosakata baru dan bisa mencarinya di kamus sehingga bisa menambah kosakata yang kita miliki.

  1. nl

Channel ini sangat bermanfaat untuk orang asing yang belajar bahasa Belanda. Channel ini menyediakan beberapa video dengan tema yang berbeda. Tema-tema tersebut menyangkut keseharian masyarakat Belanda dan apa saja yang ada di Belanda seperti openbaar vervoer (kendaraan umum), vrije tijd in Nederland (waktu senggang di Belanda) dan lain-lain. Selain itu disediakan juga beberapa latihan bagi para viewers. Latihan tersebut biasanya mengenai kosakata dan grammar. Apabila kita menonton video ini, kita berasa seperti belajar bahasa Belanda yang diajari langsung oleh native speaker.

  1. Iracarolina2001

Channel ini recommended banget buat kamu yang ingin menelusuri grammar dan penggunaan kalimat dalam bahasa Belanda. Bahasa yang digunakan di dalam video ini adalah bahasa Indonesia sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan untuk memahami isi video tersebut. Youtuber nya juga sangat komunikatif sehingga kita tidak bosan ketika belajar grammar bahasa Belanda yang lumayan sulit apabila kita belajar sendiri dengan menggunakan buku. Orang yang menjelaskan di dalam video ini juga menjelaskan dengan sangat detail mengenai grammar bahasa Belanda sehingga sangat membantu untuk memahami struktur tata bahasa Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *