Bahasa Prancis adalah bahasa yang indah. Bahasa Prancis juga merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari karena merupakan bahasa yang resmi digunakan di PBB. Ada banyak sekali orang mempelajari bahasa Prancis karena kepentingan masing-masing atau sekedar karena bahasa tersebut terdengar sexy.

Apakah kamu tertarik dengan bahasa Prancis ?

Inilah beberapa hal yang akan kamu temui jika mempelajari bahasa Prancis

 

  1. “Jenis Kelamin”

Loh? Ko Kelamin?

Ya, semua benda di dalam bahasa Prancis dibagi menjadi 2 sifat yaitu wanita dan juga pria, atau disebut feminin dan masculin.

Contohnya :

La Mer  yang artinya laut.

Le Sac yang artinya tas.

 

Melihat ada perbedaan ?

Ya. La dan Le itu adalah artikel yang digunakan untuk mengindikasikan sesuatu yang sudah pasti. “La” mengindikasikan feminin dan “Le” mengindikasikan masculin.

 

“Trus cara memberdakannya gimana dong”

“Kita tahu yang mana yang cowo dan yang cewe gimana”

 

well, guys, selamat datang di pembelajaran bahasa prancis,satu-satunya jalan untuk membedakannya adalah DIHAFAL. Yup. benar. DI.HA.FAL.

 

  1. Konjugasi

Enaknya berbahasa Indonesia adalah kata kerja kita tidak dikonjugasikan. Tau kan konjugasi itu apa ?

Contohnya, jika kita menggunakan kata kerja “masak” dan kita taruh didepan subjek tertentu, kata “masak” tetap “masak” dan tidak berubah.

Contoh :

Aku masak, Mama masak, Dia masak, Mereka masak

Tetapi di dalam bahasa Prancis, semua kata kerja ada konjugasinya masing-masing. Jika kamu ingin berkata “Kamu masak” “Mereka masak” “kamu masak”, kata “masak” dalam bahasa Prancis akan berubah mengikuti konjugasi dari subjek.

 

Contoh:

Kata “masak” dalam bahasa Prancis adalah “cuisinier”, jadi kalau kita taruh subjeknya menjadi:

Ibu saya masak : Ma mére cuisine

Mereka masak : Ils cuisinent

Kamu masak : tu cuisines

 

Masing-masing subjek : aku, kamu, dia, mereka, kalian, kita (je, tu, il/elle, ils, vous, nous) memiliki struktur konjugasi tersendiri untuk para kata kerjanya.

UNTUNGNYA, ini semua sudah ada strukturnya sendiri (walaupun banyak) tetapi jadi lebih mudah untuk dipelajari.

  1. Struktur

 

Struktur bahasa Prancis dengan bahasa Indonesia berbeda. Di bahasa Prancis Objek terdapat tepat dibelakang objek, jadi, S-O-P, bukan S-P-O seperti di bahasa Indonesia. Jadi kata “je t’aime” yang terkenal itu secara harafiah adalah “aku kamu suka” bukan aku suka kamu”.

Contoh lainnya :

 

Tu m’appelles : Kamu menelepon aku

Je la déteste : Saya benci itu (feminin)