1. Akhiran

Hal yang paling sering kamu temukan ketika mempelajari bahasa korea adalah perubahan di belakanganya, yang pake –yo (요), –ibnida (ㅂ니다) ataupun tanpa akhiran. Sebenarnya penggunaan akhiran ini tidak membedakan maknanya jadi kamu gak perlu khawatir, tapi yang perlu diketahui fungsi dan penggunaan dari akhiran ini sedikit berbeda. Simplenya, ketiga akhiran ini dapat menunjukkan perbedaan situasi terkait lawan bicara atau audiencenya.

–ibnida (ㅂ니다)

Nah, akhiran –ibnida (ㅂ니다)itu biasanya digunakan untuk orang yang kamu segani, seperti atasan,guru ataupun orang yang baru kamu kenal.

–yo (요)

Akhiran ini digunakan untuk orang yang kamu hormati dan orang yang lebih tua seperti orang tua, kakak, senior. Sebenernya penggunaan kedua akhiran ini mirip dan bisa disamakan namun yang perlu diketahui adalah –ibnida (ㅂ니다) biasanya digunakan pada situasi yang lebih formal.

Tidak ada akhiran

Nah, lalu gimana sih dengan yang tidak memiliki akhiran? untuk kalimat dan ekspressi yang tidak memiliki akhiran digunakan untuk situasi informal kepada orang yanglebih muda dan sudah dekat hubungannya dengan kamu, seperti teman dekat atau sahabat, adik dan kakak. Kamu bisa menggunakan banmal(bahasa informal/tidak menggunakan akhiran) meskipun orang tersebut lebih tua dari kamu kalo kamu udah punya hubungan yang dekat dengan nyaJ

 

  1. Dua jenis angka

 

Kalau di b.indonesia yang namanya angka pasti cuma ada 1(satu) 2(dua) 3(tiga) dst, tapi kalau dalam bahasa korea ada 2 jenis angka yang digunakan yaitu angka korea dan angka china. Angka korea itu seperti  –hana,dul,set, ..(하나,둘, 셋,..) yang biasanya digunakan untuk jumlah dan angka china yang terdiri dari –il,i,sam,sa,..(일,이,삼,사,..) yang biasanya digunakan untuk tanggal dan waktu

 

  1. Partikel

Sama seperti beberapa bahasa lain, seperti jerman, korea juga memeiliki partikel. Meskipun dalam penggunaannya sehari hari secara lisan sering dihilangkan partikel ini tetap merupakan unsur penting dalam bahasa korea apalagi tulisan dan teks. Ada banyak partikel dalam bahasa korea diantaranya –에,에서,는,은,이,가,을,를,의 dan sebagainya. Masing masing partikel memiliki fungsi tersendiri dan makna yang bebeda saat ditempelkan dengan kata lain. Partikel ini dilekatkan pada akhir suatu kata. Contohnya: 한국-에 (di Korea).

 

  1. Kong-lish (Korean English)

Gak cuma bahasa indonesia ternyata yang memiliki banyak kata serapan dari bahasa inggris korea juga menggunakan beberapa b.inggris yang dikoreakan meskipun bukan termasuk bahasa yang baku. Ketika kamu mempelajari bahasa korea kamu akan banyak menemui kata b.inggris yang dikoreakan ini. Contohnya  computer menjadi  컴퓨터 (kompyuteo) dan ice cream menjadi 아이스크림(aiseukeurim).