Festival Musim Terkenal di Belanda

Karena letak geografis Belanda yang letaknya di benua Eropa, Belanda punya 4 musim yaitu : lente (musim semi) : 21 Maret – 21 Juni, zomer (musim panas) : 21 Juni – 21 September, herfst (musim gugur) : 21 September – 21 Desember dan winter (musim dingin) : 21 Desember – 21 Maret. Dari keempat musim tersebut, orang Belanda paling suka zomer (musim panas). Alasan pertama ialah karena orang Belanda punya kebiasaan suka berjemur di bawah sinar matahari (zonnebaden) sampe-sampe rela untuk ngabisin uang ke luar negeri cuma buat mencari sinar matahari biar bisa berjemur. Kemudian, iklim harian di Belanda juga rasanya kayak di-phpin gebetan, alias gak menentu, misalnya pas siang cerah, terus gak lama tau-tau turun hujan yang lebet banget. Di banyak negara di dunia, musim itu ikut nentuin banget festival apa aja yang akan diadain di suatu negara, dan tak terkecuali juga di Belanda. Di Belanda diadain beberapa festival yang cuma ada di musim tertentu, dan berikut festival musim yang terkenal di Belanda.

 

  1. Pinkpop Festival

Pinkpop Festival ialah festival musik yang diadain pada saat perayaan Pinksterdag (hari pantakosta) yaitu pas musim semi menjelang musim panas. Festival ini oleh beberapa orang disebut juga sebagai festival menyambut musim panas. Pinkpop Festival pertama kali diadain di tahun 1970 dan diadain selama 3 hari berturut-turut yaitu pada hari Sabtu sampai hari Senin. Tak tanggung-tanggung, jumlah penonton di festival ini berjumlah 60.000 penonton. Pinkpop berasal dari kata pinkster dan pop. Pinkster berarti hari pantakosta sedangkan pop berarti genre musik yang dimainin pas festivalnya berlangsung. Selain pop, genre musik yang dimainin di festival ini ialah genre musik rock. Gak jarang festival ini juga turut mengundang band-band terkenal dari luar Belanda seperti Metallica, Rolling Stone, Green Day, U2, dan lain-lain.

 

  1. Elfstedentocht

Elfstedentocht ialah festival yang diadain setiap musim dingin di Belanda, tepatnya di provinsi Friesland. Festival ini merupakan sebuah tur ice skating sepanjang 200 kilometer diatas lapisan es dari sungai yang membeku. Festival ini diikuti oleh 16.000 peserta baik dari Belanda maupun luar Belanda. Saking terkenalnya, Festival ini juga pernah diikuti oleh raja Belanda (Willem Alexander). Sampe dinamain Elfstedentocht karena tur ini ngelewatin sungai yang membeku di 11 kota yang ada di Friesland. Sebelum festival ini diadain, para penyelenggara biasanya melakukan pemeriksaan mengenai ketebalan es yang minimal harus mencapai 15 sentimeter. Sekarang, sayangnya festival ini udah jarang diadain karena adanya pemanasan global yang menyebabkan ketebalan es udah gak sampe 15 centimeter.

 

  1. Keukenhof

Keukenhof sebenernya bukanlah suatu festival melainkan kebun bunga terbesar di dunia. Kebun bunga ini cuma dibuka pada saat lente (musim semi) saja, tepatnya pas pertengahan Maret sampe pertengahan Mei dimana bunga-bunga lagi pada bermekaran dengan indahnya. Keukenhof letaknya ada di provinsi Zuid-Holland dan berada di daerah seluas 32 hektar. Sekitar 7 juta bunga ditanam setiap tahun di kebun bunga Keukenhof ini. Keukenhof menjadi kunjungan wisata favorit turis lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk ngeliat berbagai macam bunga. Bunga yang sangat ditonjolin di Keukenhof ini ialah bunga Tulip yang merupakan icon negara Belanda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *