Kalau berbicara soal musik, rasanya gak ada seorangpun yang gak suka musik, bukan? Setiap orang dari berbagai tingkatan usia, dari suku dan negara manapun mereka berasal bisa nikmatin musik sesuai dengan selera mereka masing-masing. Namun di Prancis, negri dimana seorang maestro musik klasik handal Fredric Chopin dimakamkan ini membawa konsep musik ke tingkatan yang lebih unik lagi. Di Prancis ada hari-hari yang dikhususin hanya untuk musik. Ada banyak banget festival musik di Prancis, hingga mencapai kira-kira lebih dari 36 festival. Namun, dari sekian banyak festival musik, ada satu festival yang paling menonjol dari yang lain, yaitu Fête de la Musique yang akan penulis bahas kali ini.

 

Festival La Fête de la Musique, atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Make Music Day, ialah hari dimana semua tempat di Prancis dipenuhi oleh musisi-musisi lokal dan internasional untuk mainin musik mereka. Tempat-tempat tersebut antara lain: di jalanan, kafe, bar, restoran, di tempat kerja, dan tentunya di venue yang tertutup. Semua masyarakat berhak buat nonton dan juga mainin musiknya secara gratis pada hari itu. Tentunya untuk atraksi musik yang berada di venue khusus, masyarakat harus membayar tiket.  Genre musiknya pun juga bebas. Mulai dari pop, rock, EDM, jazz, folk, hip-hop, dan lain-lain.

Festival ini diadain pada 21 Juni setiap tahunnya dan dijadiin masyarakat Prancis sebagai festival pembuka musim panas. Festival ini juga gak ada batasan umur, jadi semua orang dari berbagai usia dan golongan manapun bisa dateng kesini. Festival ini tujuannya tidak lain ialah untuk ngedorong para musisi (terutama musisi amatir) yang berasal dari Prancis supaya mereka berani buat nampilin karya mereka sendiri di tempat umum. Festival ini juga bertujuan supaya music jadi lebih mudah di akses oleh masyarakat Prancis dan nunjukin bahwa sebenernya gak ada hirarki-hirarki tertentu dalam genre musik.

Gimana? ada yang tertarik untuk berpatisipasi dalam festival ini?