Di Rusia, fenomena vlogger sudah ada sejak lama. Beberapa nama di bawah ini memiliki ratusan ribu pelanggan kanal dan jumlah penonton video yang mencapai ratusan juta, lho! Dan sampai bulan ini beberapa juga masih mengeluarkan vlog terbaru mereka.  Dengan menonton vlog, selain bersenang-senang, kamu juga bisa melatih pendengaranmu untuk bahasa Rusia. Penasaran?

  1. Kate Clapp

Kate sudah memulai vlog sejak tahun 2008 di kanal youtube-nya yang bernama “FoggyDisasters”. Kemudian dia membuka kanal baru yaitu “TheKateClapp” pada tahun 2010. Videonya banyak banget, lho! Pelanggan kanalnya sudah mencapai lebih dari lima juta orang. Salah satu videonya yang dirilis pada November 2016 lalu ini menceritakan apa saja isi tasnya dalam durasi sekitar 10 menit.

  1. Ruslan Usachev

Ruslan memiliki vlog yang salah satunya berupa film singkat. Ia sudah memulai vlog sejak 2010 lalu dan memiliki lebih dari satu juta pelanggan kanal dengan nama kanal “Руслан Усачев”. Di video ini, ia beradu akting dengan Kate Clapp, videonya yang paling populer.

  1. Roma Acorn

Roma yang bernama asli Рома Жёлудь ini merupakan penyanyi asal Moskow kelahiran 1996. Pada tahun 2012 ia memulai debutnya dengan musik video ‘Like‘ yang banyak mendapat kontroversi karena jumlah orang yang tidak menyukainya berkali-kali lipat dari mereka yang menyukai video tersebut. Salah satu vlog-nya berisi permainan Jujur atau Berani dengan kolaborasi vlogger lain. Salah satunya di video ini yang dibuat pada 2014 lalu, di mana ia menggaet Kate Clapp sebagai rekan main permainan ini dan menjadi video dengan jumlah terbanyak penontonnya di kanal youtube-nya, “RomaAcorn”.

  1. Elena Krygina

Elena Krygina adalah nama kanal vlogger yang senang membagikan tutorial make up dan ulasan alat-alat make up-nya ini. Dia sudah mulai sejak tahun 2010 dan memiliki lebih dari 700.000 pelanggan kanal. Durasi videonya rata-rata di atas 20 menit.  Salah satu video terpopulernya yang dirilis tahun 2015 silam, merupakan tutorial mengubah kontur wajah bagian satu dengan durasi 40 menit.

  1. Advokat Egorov

Egorov dengan nama kanal “Адвокат Егоров” ini sudah mulai sejak tahun 2012. Jumlah pelanggan kanalnya mencapai 500.000 lebih. Videonya yang paling populer ini merupakan eksperimen dengan alat yang memotong struktur kulit botol plastik bekas dengan ukuran seperti benang plastik yang dapat dimanfaatkan menjadi perekat kayu dan lainnya dengan durasi hampir 4 menit.

Nah, itu dia nama-nama beberapa vlogger berbahasa Rusia yang bisa kamu intip. Melatih pendengaran agar terbiasa dengan bahasa tertentu akan sangat membantu untuk pembelajaran bahasa tersebut. Selamat menonton!