Belajar bahasa itu tentunya bukan hanya tentang grammar dan menulis ada aspek yang tak kalah penting yaitu mendengar. Semakin sering kamu mendangar maka akan semakin familiar bunyi bahasa itu ditelinga kamu. Banyak mendengar akan memudahkan kamu untuk mengingat kata-kata, kalimat atau ungkapan-ungkapan baru dengan lebih natural. Salah satu media yang paling efektif untuk kamu latihan mendengar adalah melalui menonton film atau video menggunkan bahasa yang ingin kamu pelajari, dalam hal ini adalah bahasa korea. Pada abad 21 ini mudah sekali untuk menemukan video dan film menggunakan bahasa korea melalui media online salah satunya yang sedang booming adalah youtube. Maka dari itu kali ini aku bakal bahas youtuber-youtuber dari korea selatan yang wajib kamu ketahui dan otomatis juga bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa kamu

  1. Jaykeeout

Jaykeeout ini adalah channel youtube yang dimiliki oleh. kontent dari channelnya sendiri sangat menarik dan berbeda dari youtuber-youtuber lainnya, dimana kebanyakan youtuber memilih vlog, challange dan prank, sebagai konten jaykeeout malah menyuguhkan sosial experimen, salah satu contohnya ia pernah membuang sampah sembarangan di tempat umum dengan sengaja untuk melihat reaksi orang-orang yang lewat. Selain itu, ada juga interview pada masyarakat korea secara random di tempat umum mengenai hal hal sederhana menyangkut kehidupan sehari-hari. Menariknya channel ini menyediakan subtittle bahasa korea dan inggris meskipun ia sedang menggunakan bahasa korea/inggris, jadi jika kamu tidak bisa menangkap apa yang dia katakan kamu bisa liat subtittlenya, channel ini sangat recommended karena kamu gak akan cuma belajar bahasa namun sekaligus budaya mereka dan pandangan masyarakat korea terhadap sesuatu.

 

  1. PONY

Buat kamu cewek-cewek pencinta korean make up pasti tau sama channel satu ini, yup PONY! adalah seorang beauty vlogger yang sudah memiliki subscriber sebanyak 2,296,002+. Kontennya biasanya berisi vlog, tutorial, wisata kuliner dan  seperti beauty vlogger tentunya make up. Jika jaykeeout mencantumkan subtittle bahasa korea maka pony sendiri mencantumkan subtittle bahasa inggrisnya nih jadi kamu tetap bisa banget membantu kamu lebih mengerti lagi apa yang dibicirakan pony dalam video youtubenya. Channel ini sangat aku rekomendasikan buat kamu cewek cewek pencinta make up karna banyak banget tips dan make up secrets yang sangat berguna buat kamu, kapan lagi belajar bahasa korea sekalian belajar make up? 😉

  1. Kream Kulture

Channel yang memiliki 217,848 subscribers ini cukup unik karna punya banyak sekali jenis konten, mulai dari reaction, short movies, korean food, social experiments dan yang paling penting adalah lyrics breakdown. Pada lyrics breakdown mereka biasanya akan membahas ungkapan-ungkapan yang ada di lirik lagu tersebut, mulai dari artinya dan bagaimana penggunaannya pada kehidupan sehari-hari. Maka dari itu konten ini akan sangat membantu kamu untuk belajar bahasa korea dengan cara yang fun.

 

  1. Goteng

Goteng disebut-sebut sebagai youtuber terlucu di korea karna video uploadtannya yang dipenuhi tingkah-tingkah konyolnya, tapi jangan mundur dulu buat kamu yang mencari channel untuk belajar korea yang disuguhi dengan komedi, channel ini adalah pilihan yang tepat. Kontennya tidak hanya berisi reacts dan vloag tapi ada juga parody dan review terhadap produk korea salah satunya makanan ringan. Dijamin kamu gak akan bosen karna setiap videonya dibuat dengan komedi yang bakal bikin kamu ngakak. Di beberapa video seperti review dan reacts biasanya goteng mencantumkan subtittle berbahasa inggris dan korea nih jadi gak perlu khawatir jika kamu tidak bisa menangkap isi pembicarannya! Have fun!

 

  1. Buzzbean11

Yo holla gamer! Buat kamu pecinta game, 이것 알아야 되! (you got to know this one) , buzzbean11 adalah channel game yang sangat terkenal di korea selatan dengan 1,489,333+ subscriber. Kontennya seperti channel gaming biasanya live streaming, moment-moment saat dia nge-game nih, tapi bukan hanya itu, selain gaming dia juga menyuguhkan konten lain seperti short comedy movie atau parody yang ga kalah menarik. Jadi buat kamu yang bukan gamer kamu tetep bisa enjoy video-video di channel ini. Pada channel ini sendiri dicantumkan subtittle berbahasa korea terutama pada konten short movienya, cocok banget buat kamu yang udah lumayan advance nih bahasa koreanya! So tunggu apalagi?